Laman

Senin, 06 Agustus 2012

Ikan Tenggiri


Scomberomorus commerson (Lacepède, 1800)

Sinonim: Cybium konam (Bleeker, 1851)
Nama umum: Ikan Tenggiri
Karakteristik: Bentuk badan bulat panjang, seperti serutu dan agak pipih. Mulut dilengkapi gigi yang kuat dan keras tetancap Ikan ini memiliki dua sirip dorsal dengan 5-12 finlet dibelakang sirip dorsal yang kedua dan sirip anal. Sirip dorsal yang pertama memiliki 9-27  jari-jari tulang. Ikan ini memiliki sirip pectoral diatas gurat sisi. Sirip kaudal berbentuk sabit dengan 2 keel dimana tujuannya untuk bergerak cepat dan. Warna punggung biru abu-abu dan perak kebiruaan di bagian sisi.
Aspek Biologi: Reproduksi: Tergantung pada suhu, musim pemijahan lebih atau kurang panjang. Di perairan Australia, setiap betina memijah beberapa kali selama musim ini, sekitar 2 sampai 6 hari terpisah, tergantung pada lokalitas. Di Spanyol tenggiri menelurkan dari lereng karang dan tepi, dan mereka membentuk agregasi pemijahan di daerah tertentu. Makanan: Termasuk ikan buas karnifora, predator, makan ikan kecil (sarden, tembang, teri), cuni-cumi. Ukuran : Panjang dapat mencapai 200 cm dan biasanya 60-90 cm.
Habitat: Indo-Pasifik Barat: Laut Merah dan Afrika Selatan ke Asia Tenggara, utara ke Cina dan Jepang dan selatan ke tenggara Australia, dan ke Fiji. Imigran ke Laut Mediterania timur dengan cara Terusan Suez. Tenggara Atlantik: St Helena.
Distribusi: Perairan Indo-Pasifik, Teluk Benggala, Teluk Siam, Laut Cina Selatan. Ke Selatan sampai perairan panas Australia, ke barat sampai Afrika Timur dan Utara.
Pemanfaatan: Ikan tenggiri biasa ditangkap dengan mengunakan gillnet, purseine, pancing rawai, bubu atau trawl dasar. Hasil olahan ikan tenggiri berupa kerupuk, bakso.


Daftar Pustaka
[Fishbase]. 2011. Scomberomorus commerson. [Terhubung berkala].
            http://www.fishbase.us/summary/Scomberomorus-commerson.html. (25 Mei 2012)


Novri F. 2006. Analisis Hasil Tangkapan Dan Pola Musim Penangkapan Ikan Tenggiri (Scomberomorus spp) Di Perairan Laut Jawa Bagian Barat Berdasarkan Hasil Tangkapan Yang Didartkan Di PPI Muara Angke, Skiripsi, Departemen Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Carpenter, Kent E, Volker H. Niem.  2001. THE LIVING MARINE          RESOURCES OF THE WESTERN CENTRAL PACIFIC Volume 6 Bony            fishes part 4     (Scrombidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes        and marine mammals. Rome : FAO Of The United Nations.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar