Laman

Minggu, 05 Agustus 2012

Ikan Pari

Dasyatis kuhlii (Müller and Henle, 1841)

Sinonim: Neotrygon kuhlii (Müller & Henle, 1841).

Nama umum: Ikan Touka-touka/pe, Bluespotted maskray.

Karakteristik: Cakram berbentuk rhomboid, batang menebal, lebar sekitar 1,1 sampai 1,3 kali; panjang sirip dada sedikit lancip (bulat menyempit di remaja). Ekor relatif puncak meluas dalam, sedikit tertekan, ramping dan sengatan luar agak terkompresi; panjangnya sebagian besar lebih dari cakram ketika utuh; umumnya dengan 2 sengat. Mata besar, panjang mata dan spirakel 1,35-1,8 dengan panjang moncong preorbital. Moncong bulat melebar, ujung runcing jarang; batas anterior hampir lurus. Mulut kecil, 2 papilla lebar di dasar; kerutan labial dan lipatan menonjol, rahang bawah sedikit cembung. Bibir bawah dan berpapila tutup internasal; tutup internasal skirtshaped, agak memanjang dan sempit, marjin dibatasi; lubang hidung panjang, sempit. Cukup besar sirip perut. Ekor kulit lipatan menonjol; lipat ventral rendah, memanjang (kebanyakan lebih panjang dari jarak dari moncong ke celah insang kelima); punggung lipat pendek, terletak di luar sengatan, subequal tinggi untuk kali lipat perut. Dentikel terbatas pada satu baris di sepanjang garis tengah cakram; duri-seperti, pendek, lanset, datar beratap, diarahkan posterior; membentang dari daerah nuchae ke hampir lebih dari kloaka pada orang dewasa (duri sering absen di remaja); sisa disk dan ekor halus. Warna: permukaan kelabu punggung, kehijauan, atau kecoklatan dengan band kecoklatan gelap melalui daerah orbital; kebanyakan dihiasi dengan bintik-bintik kebiruan menonjol atau biru, putih bermata ocelli; bintik-bintik dan variabel ocelli dalam ukuran dan jumlah; sering dengan peppering bintik-bintik hitam halus, terkonsentrasi dekat orbit dan pada membran orbital. Permukaan ventral kebanyakan pucat, sedikit lebih gelap sekitar marjin disk. Ekor dengan bolak pita hitam dan putih, tipmostly pucat, kulit pucat lipatan di dasar dengan margin luar gelap.
Aspek biologi: Ukuran: Panjang total maksimum sedikitnya 67 cm; lebar cakram maksimum 38 cm, jantan dewasa lebar cakram sekitar 25 cm.
Habitat: Di perairan pantai spesies tinggal terutama pada lapisan dasar berpasir dengan kedalaman 90 m.
Distribusi: Tersebar luas di India tropis dan Pasifik Barat Laut. Kawasan Timur
luas jangkauan termasuk Melanesia dan Mikronesia, selatan ke Australia dan utara ke Hokkaido, Jepang; batas barat dari selatan Afrika dan ke Laut Merah.
Sumber: ftp.fao.org
Pemanfaatan: Salah satu pari yang paling penting secara komersial diberbagai wilayah; menjaring di Teluk Thailand dalam jumlah besar. Diwakili oleh warna morphs beberapa di Indo-Pasifik yang mungkin spesies yang berbeda.



Daftar Pustaka 

Carpenter, Kent E, Volker H. Niem.  1999. THE LIVING MARINE          RESOURCES            OF THE WESTERN CENTRAL PACIFIC Volume 3            Batoid fishes,  chimaeras, and Bony fishes part 1 (Elopidae to            Linophrynidae). Rome :          FAO Of The United Nations.

Fatchiya A, Istiqlaliyah M. 2006. Peran KUD Mina dalam Pembangunan    Masyarakat Pesisir (Kasur di KUD Mina Fajar Sidik di Blanakan,         Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat). Buletin Ekonomi Vol. VI. No. 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar